PENGARUH IKLAN TELEVISI, IKLAN ONLINE, DAN IKLAN CETAK TERHADAP KESADARAN MEREK

 BAB I 

 Latar Belakang

Seiring perkembangan dunia yang pesat, perkembangan kondisi pasar sekarang ini telah membawa pengaruh terhadap strategi yang harus diterapkan oleh perusahaan dalam menawarkandan memasarkan produk mereka.Bergulirnya waktu ke waktu konsumen semakin menseleksi segala produk yang diinginkan dengan melalui informasi yang tersedia. Oleh sebab itu, setiap perusahaan harus pintar dalam memilih cara yang tepat untuk menginformasikan produk perusahaannya.Secara umum dapat dikatakan bahwa untuk meraih sukses dalam mencapai pasar sasaran suatu perusahaan, diperlukan strategi yang tepat sasaran. Oleh sebab itu diperlukan seorang pemasar yang mampu membaca situasi dan kondisi pasar secara tepat. Untuk mencapai sasaran dalam suatu usaha pemasaran selalu membutuhkan alat dalam penyampaian informasi kepada konsumennya, salah satunya adalah dengan cara mengeluarkan iklan tentang produk suatu perusahaan yang menarik bagi konsumen, yang pada akhirnya konsumen juga akan tertarik untuk menggunakan produk yang diiklankan. Penyampaian iklan akan membantu dalam mengenalkan produk kepada konsumen, iklan mempunyai peranan penting dalam menancapkan merek suatu produk ke pikiran konsumen.Menurut sejarahnya, kegiatan promosi atau iklan suatu produk barang atau jasa dilakukan secara langsung (orasi). Lalu ketika ditemukannya aksara untuk baca dan tulis, manusia melakukan kegiatan ekonominya dengan ditulis pada wadah untuk menulis baik itu dari batu, kain, tulang atau kertas. Wadah yang terakhir ini melahirkan iklan yang muncul dalam bentuk poster dan pamflet. Lalu dengan adanya printer yang mempengaruhi perkembangan media cetak, iklan dimuat di halaman-halaman surat kabar, koran, majalah, tabloid, baliho ataupun papan-papan besar yang biasa terlihat di pinggir jalan kota. Ketika media penyiaran mulai berkembang lagi, maka iklan dimunculkan dalam bentuk suara dengan media radio. Televisi merupakan media iklan selanjutnya. Adanya televisi, konsumen jadi lebih menarik untuk membeli karena produk tersebut langsung di demokrasikan dan dengan adanya efek dari cahaya, suara, gerakan juga.

Iklan adalah salah satu alat komunikasi yang bersifat non-pribadi dan biasa kita temui di media massa atau sosial media. Berkembangnya kegiatan perekonomian memunculkan berbagai macam produk baru baik berupa jasa maupun barang. Perkembangan teknologi juga turut berperan karena menghadirkan produk-produk digital.


Tujuan Iklan

1. Memasarkan sebuah produk atau jasa

2. Memberikan informasi

3. Membujuk konsumen

4. Mengingatkan konsumen

5. Membangun kesadaran

6. Mengubah keyakinan mengenai produk dan merek

7. Menghasilkan penjualan langsung

8. Dan membangun citra perusahaan


Manfaat iklan

a. Memberi Informasi, bertujuan untuk membuat konsumen sadar akan merek suatu produk dan membantu membangun citra yang positif dari merek tersebut.

b. Mempersuasi, iklan yang efektif memiliki bertujuan untuk meyakinkan pelanggan agar mau mencoba produk yang ditawarkan.

c. Mengingatkan, hal ini dilakukan agar merek suatu produk tersebut terus diingat oleh masyarakat.

d. Memberikan Nilai Tambah, iklan yang efektif dapat memengaruhi konsumen untuk melihat produk tersebut menjadi lebih elegan, modis, bergengsi, dan lebih unggul dari produk pesaing.

e. Mendampingi, Maksud dari fungsi mendampingi adalah iklan dapat digunakan sebagai alat komunikasi untuk memulai kegiatan promosi.


BAB II

Pengertian iklan

1. Iklan televisi

 Iklan televisi adalah sebuah serangkaian tayangan televisi yang di buat dan di bayar oleh sebuah badan usaha untuk mengemukakan pesan, umumnya untuk memasarkan product ataupun sekadar mengumumkan.

Saat ini banyak iklan televisi yang disiarkan dalam bentuk iklan pendek selama beberapa waktu, mulai dari waktu lima detik hingga beberapa menit (hal tersebut termasuk durasi iklan yang sama dengan acara televisi kebanyakan, biasanya berbentuk infomersial). Pengiklanan seperti ini digunakan untuk mempromosikan berbagai produk barang, jasa, pengumuman, atau gagasan.

Contoh iklan televisi 

Susu saya susu Bendera

Contoh iklan televisi ini ingin mendekatkan brand yang dimaksud dengan setiap pemirsanya. Cukup dengan menambahkan kata “saya”, brand ini ingin benar-benar menjadikan susunya milik semua orang. Menariknya, brand ini menambahkan musik pengiring dan suara pengisi yang pas sekali dengan tagline ini. Tanpa musik dan suara pengisi tersebut mungkin tagline akan terdengar biasa saja.


2. Iklan online 

Iklan online adalah bentuk iklan yang ditampilkan di internet, dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau jasa kepada target audiens yang lebih luas.

Iklan online dapat diakses melalui berbagai platform digital seperti situs web, media sosial, atau aplikasi mobile

Salah satu keunggulan iklan online adalah kemampuannya untuk menjangkau target audiens yang lebih spesifik, karena iklan online dapat disesuaikan dengan preferensi dan perilaku pengguna internet.

Hal ini berbeda dengan iklan tradisional seperti iklan televisi atau iklan koran yang bersifat umum dan tidak dapat disesuaikan dengan target audiens yang spesifik.

Iklan online juga memberikan fleksibilitas kepada pemasar untuk menyesuaikan jenis iklan online yang digunakan dengan kebutuhan bisnis, anggaran, dan tujuan kampanye iklan.

Dengan begitu, iklan online dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk atau jasa.

Contoh iklan online

1. Direct advertising



2. Self-service advertising



3. Ad network



4. Contextual advertising



5. Twitter advertising



6. Rep ad agencies



7. In text advertising



8. Ad network optimization



9. Social advertising



10. Video advertising



11. RSS advertising







12. Sponsorhip




3. Iklan cetak

 Iklan media cetak adalah iklan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan media cetak. Koran, majalah, tabloid dan surat kabar merupakan media cetak yang memuat iklan jenis ini.

Intinya, jika iklan itu berada di media yang melalui proses percetakan itu adalah iklan media cetak.

Anda bisa menemui iklan cetak ini di koran, majalah, tabloid, brosur dan spanduk – spanduk yang biasanya dipasang di jalanan.

Iklan – iklan yang terdapat di media cetak ini biasanya bertujuan untuk mempromosikan suatu produk, jasa atau acara dan informasi atau sosialisasi iklan layanan masyarakat.

Contoh iklan cetak

1). Iklan baris

Contoh iklan media cetak ini adalah iklan yang biasanya sering ditemukan di koran dalam bentuk barisan kata-kata tanpa gambar dan ilustrasi.

Biasanya kata-kata yang ditulis disingkat-singkat karena bayarannya berdasarkan jumlah baris yang digunakan.

2). Iklan kolom

Contoh iklan media cetak ini adalah iklan yang dipasang di media cetak berupa kolom-kolom yang berisi teks dan gambar ilustrasi.

Iklan jenis ini cenderung lebih menarik dibandingkan iklan baris.

3). Iklan display

Contoh iklan media cetak ini hampir sama dengan iklan kolom. Bedanya hanya pada ukuran, di mana iklan display berukuran lebih besar dari iklan kolom.

4). Iklan advetorial

Contoh iklan media cetak ini teknik penyampaiannya mirip berita. Iklan disampaikan berbentuk teks dan menjelaskan terkait produk lebih rinci dari iklan jenis lain

5). Iklan selebaran 

Iklan selebaran sebagai salah satu contoh iklan media cetak adalah berbeda dari jenis iklan lainnya.

Iklan jenis ini umumnya dicetak pada kertas A3 hingga A6.


4. Kesadaran merek

Brand awareness atau kesadaran merek dapat didefinisikan sebagai sejauh mana seorang konsumen mampu mengenali suatu merek. Sederhananya, brand awareness adalah tolok ukur dikenali atau tidaknya brand dan produknya di kalangan audiens target.

Hubspot mendefinisikan bahwa brand awareness adalah istilah pemasaran yang mengacu pada seberapa akrab audiens target Anda dengan merek Anda dan seberapa baik mereka mengenalnya.

Brand awareness menurut ahli diartikan sebagai salah satu dimensi dasar dari ekuitas suatu merek yang sering dianggap sebagai salah satu persyaratan dari keputusan pembelian seorang konsumen karena merupakan faktor penting dalam pertimbangan suatu merek

Istilah ini menjadi komponen yang sangat penting dari proses pengambilan keputusan sebelum melakukan pembelian. Sebab, konsumen pasti cenderung melakukan pembelian jika mengetahui kategori produk, logo, atau nama merek. Merek dengan brand awareness yang tinggi umumnya disebut sebagai 'tren', viral', atau 'populer'.

Membangun kesadaran merek sangat penting saat Anda berjuang memasarkan dan mempromosikan perusahaan dan produk, terutama pada tahap awal bisnis.

Namun, yang perlu ditekankan adalah membuat produk atau layanan berbeda dari yang lain dalam kategori produk atau layanan yang sama. Diperlukan usaha untuk membuat strategi peningkatan kesadaran yang lebih mendalam.

Brand awareness mencakup brand recognition (pengenalan merek) sekaligus brand recall (ingatan tentang merek). Dengan kata lain, kesadaran merek ini merujuk bahwa konsumen harus memulihkan merek dari ingatannya dengan benar ketika diberi petunjuk atau dia dapat mengingat merek tertentu ketika kategori produk disebutkan.


5. Pengaruh iklan televisi terhadap kesadaran merek

Iklan televisi merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesadaran merek. Iklan televisi yang menarik akan selalu diingat konsumen dan menumbuhkan kesadaran merek. Kesadaran merek yang kuat di benak konsumen akan menimbulkan familiaritas yang tinggi.

Iklan televisi sebagai salah satu sarana komunikasi pemasaran sampai saat ini masih merupakan sarana yang cukup efektif dalam membangun imej suatu produk ( Brand Image ). Imej produk tersebut dapat terbangun baik dari elemen produk itu sendiri yang dikemukakan dalam iklan maupun dari materi / cerita suatu iklan yang diharapkan dapat mempengaruhi persepsi konsumen.


6. Pengaruh iklan online terhadap kesadaran merek

 

 Pertumbuhan pengguna internet setiap tahunnya terus bertambah. Hal ini menjadikan digital advertising sebagai alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memasarkan berbagai produk dan jasa secara lebih luas.

iklan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek. 

Iklan online memiliki beberapa keuntungan seperti meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, menyediakan fleksibilitas lebih dan sebagai media global. Iklan online memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan kepada orang yang kemungkinan tertarik dengan produk dan layanan Anda, sambil menyaring orang yang tidak tertarik. Anda juga dapat melacak apakah orang tersebut mengeklik iklan.


7. Pengaruh iklan cetak terhadap kesadaran merek

Iklan media cetak ini merupakan iklan yang dipasang secara langsung melalui media cetak, seperti koran, brosur, majalah, dan media lain yang bersifat offline. Dalam demikian, iklan media cetak memiliki sifat statis atau tidak bergerak.

Manfaat dari sebuah iklan media cetak yaitu melalui nilai katalog. Artinya bahwa pembaca secara langsung pergi untuk mencari informasi sendiri berdasarkan informasi katalog yang sudah dicantumkan pada iklan media cetak.

Kelebihan media cetak yaitu selalu terkenal di kalangan apapun dan mampu dinikmati sang generasi apapun. Beda dengan media online, yg pada mana tidak semua orang mengerti penggunaan internet.

BAB II

Kesimpulan

   iklan sangat berpengaruh dalam kesadaran merek, bukanlah pengaruh negatif tetapi pengaruh positif yaitu mampu membuat citra baik produk dibenak konsumen sehingga mampu meningkatkan penjualan yang juga pasti akan meningkatkan profit perusahaan tersebut.

   dari ketiga iklan diatas iklan online lah yang sangat berpengaruh dalam kesadaran merek  karna dilihat dari perkembangan zaman yang semakin banyak pengguna media online.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL LATIHAN BISNIS ONLINE KELAS 11 MATERI MEMAHAMI BISNIS ONLINE

PEMASARAN DIGITAL