SOAL LATIHAN BISNIS ONLINE KELAS 11 MATERI MEMAHAMI BISNIS ONLINE
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (×) pada jawaban A, B, C, D atau E!
1. Bisnis online dapat dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis perorangan karena biayanya?....
A. Murah
B.mudah
C.efektif
D.mahal
E.terjangkau
2. Pemasaran di dunia nyata memperhatikan four PS of marketing (4p) demi efektifnya perusahaan mencapai tujuannya. Berikut ini yang bukan termasuk 4P adalah....
A.produk
B. Prediksi
C.promosi
D.tempat
E.harga
3. Proses pembuatan produk berkualitas dalam dunia nyata berbeda dengan proses pembuatan produk berkualitas dalam dunia daring. Adapun perbedaannya adalah harga produk di dunia daring
A.lebih mahal
B.sangat murah
C. Relatif terjangkau
D. Mengerti harga pasar
E. Mengikuti selera konsumen
4. Penentuan harga di dunia luring memperhatikan banyak hal demikian juga dalam bisnis online berikut ini yang bukan keuntungan penentuan harga dari dunia daring adalah
A. Update daftar harga cepat
B. Update info harga cepat
C. Update harga produk
D. Update data lama
E. Update produk cepat
5. Tempat yang strategis dalam dunia loreng memiliki banyak kriteria berikut ini yang bukan termasuk kriteria tempat yang strategis adalah
A.terletak di pinggir jalan ramai
B.tempat representatif
C.tempat terletak di gang rumah warga yang ramai
D.fasilitas jalan dan akses mudah
E.parkir luas
6. Bisnis/pemasaran online memegang peranan penting dalam era teknologi informasi saat ini. Berikut ini termasuk cara bisnis online adalah melalui....
A. Media koran
B. Penyebaran brosur
C. Pemasangan spanduk
D. Media sosial Facebook
E. Katalog produk
7. Bisnis/pemasaran online terbukti efektif digunakan perusahaan perorangan. Berikut ini yang tidak termasuk keuntungan dari bisnis online adalah....
A. Meningkatkan profit perusahaan
B. Mendekatkan konsumen
C. Mempermudah konsumen
D. Meningkatkan pengeluaran promosi perusahaan
E. Meningkatkan pelayanan konsumen
8. Bisnis online akan efektif jika didukung beberapa komponen. Yang bukan termasuk komponen bisnis online adalah....
A. SDM yang memahami dunia daring
B. Infrastruktur yang memadai
C. Keahlian SEO
D. Memahami media sosial
E. Memahami komputer
9. Berikut ini implementasi komunikasi dua arah (interaktif) dengan media online. Yang bukan termasuk dalam komunikasi interaktif menggunakan media online adalah....
A. Facebook
B. Twitter
C. Chat
D. Warung
E. YM!
10. Menggunakan media online dalam komunikasi memiliki banyak keuntungan. Berikut ini yang bukan keuntungan dari media online adalah....
A. Biaya komunikasi terjangkau
B. Bebas biaya
C. Mengutamakan konsumen
D. Informasi cepat sampai
E. Update info cepat
11. Transaksi dalam bisnis online lebih efektif dan efisien. Hal ini karena nilai tambah dari bisnis online. Dari pilihan-pilihan di bawah ini, yang tidak termasuk nilai tambah dari bisnis online adalah ....
A. Biaya transaksi terjangkau
B. Mengurangi kesalahan manusia
C. Etalase dapat dijangkau semua konsumen dimana pun berada
D. Tidak harus bertemu langsung
E. Penjual dan pembeli berinteraksi secara nonvirtual
12. Salah satu keuntungan implementasi distribusi model daring adalah ....
A. Pelanggan dapat melacak pesanan
B. Tanpa biaya kirim
C. Barang pasti tiba di hari yang sama
D. Kantor cabang banyak
E. Konsumen selalu mendapat diskon
13. Komponen dalam bisnis online adalah ....
A. Data, software, money, dan network
B. Data, hardware, skill, dan network
C. Data, software, skill, dan network
D. Data, skill, knowledge, dan money
E. Data, money, software, dan hardware
14. Informasi adalah data yang diolah, sedangkan data memiliki pengertian ....
A. Kumpulan informasi
B. Fakta berupa teks, gambar, video, hitam di atas putih
C. Sumber informasi
D. Gambar
E. Teks dan gambar
15. Hal yang harus dimiliki oleh perusahaan atau pebisnis perorangan yang menggeluti dunia bisnis online khususnya memasarkan produk menggunakan mesin pencari adalah kemampuan ....
A. Mendesain web
B. SEO
C. Memasarkan via daring
D. Membuat web
C. Jual beli daring
16. Berikut ini jaringan (network) dalam dunia daring khususnya media sosial yang dapat digunakan dalam memasarkan produk. Yang tidak termasuk dalam social media adalah ....
A. Facebook
B. Link eksternal
C. Twitter
D. Path
E. LinkedIn
17. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat blog adalah ....
A. Desain blog
B. Kebutuhan blog
C. Menu blog
D. Fasilitas blog
E. Keunggulan blog
18. Fungsi blog yang digunakan untuk pemasaran produk dengan model menaruh banner untuk afiliasi adalah termasuk blog untuk ....
A. Iklan
B. Katalog
C. Etalase
D. Eksistensi
E. Pribadi
19. Contoh blog berupa subdomain ....
A. majumapan.com
B. smk.net
C. mgmppmjateng.org
D. Ayu.smk.net
E. skm.sch.id
20. Berikut ini yang termasuk contoh domain adalah ....
A. Ayu.mgmppmjateng.com
B. Majumapan.com
C. pras.smk.net
D. blog.carasukses.info
E. blog.majumapan.com
21. Berikut ini yang tidak termasuk dalam pekerjaan di dunia daring...
A. Paid Per Click
B. Online Shop
C. Paid to Review
D. Paid to Click
E. Reading
22. PPC adalah kepanjangan dari...
A. Pay Pal Click
B. Paid Paypal Click
C. Pay Per Click
D. Paypal Pay Click
E. Pay Paypal Click
23. Salah satu strategi bisnis online badalh menggunakan pendekatan search engine optimization (SEO), yang berarti menggunakan...
A. Pencarian
B. Mesin pencari
C. Database
D. skill
E. Perhitungan
24. Pendekatan SEO efektif untuk meningkatkan pengunjung website karena pendekatan ini...
A. Paling pas untuk web
B. mengurangi kesalahan
C. Mereduksi lupa
D. Terstruktur
E. Bebas biaya
25. Email marketing sudah teruji efektif untuk dilkukan perusahaannya. Berikut ini yang bukan keuntungan dari email marketing adalah...
A. Cepat
B. Murah
C. Waktu 24 jam
D. Mahal
E. Update cepat
26.Media sosial memiliki pangsa pasar tersendiri dalam dunia daring.berdasarkan data pengguna internet di Indonesia,media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia adalah.......
A. Facebook
B. Linkedln
C. Twitter
D. Path
E. YM!
27.Fan page adalah istilah yang dikenal dalam media sosial......
A. Myspace
B. Facebook
C. Twitter
D. Linkedln
E. YM!
28.Microblog adalah istilah untuk....
A. Myspace
B. Facebook
C. Twitter
D. Linkedln
E. Path
29.Pekerjaannya adalah mengklik banner di website mendapatkan penghasilan.yang dimaksud adalah jenis pekerjaan online....
A. PPC
B. PTR
C. PTC
D. PLR
E. Blogging
30.Email memiliki banyak fungsi dan kegunaan dalam aplikasinya.berikut ini yang bukan termasuk fungsi dan kegunaan email adalah....
A. Berkirim surat
B. Menyimpan data
C. Sebagai akun blog
D. Email marketing
E. Mengirim vidio
31. Saat ini, media online di gunakan oleh banyak perusahaan untuk menunjang aktivitas pemasaran Deni meningkatkan keuntungan perusahaan. Seperti halnya pemasaran yang di lakuzkan secara lutring (offline), keberhasilan pemasaran daring (online) juga di tentukan oleh beberapa hal berikut ini...
A.Produk bersaing, promosi, harga bersaing, tempat ramai
B. Produk berkualitas, promosi, harga Murah, tempat ramai
C.Tempat strategis, produk berkualitas, harga murah, promosi
D.Tempatgis, harga bersaing, produk berkualitas, promosi
E.Tempat ramai, harga bersaing, produk berkualitas, promosi
32.Promosi merupakan salah satu bagian penting dalam bisnis online dan menjadi ujung tombak keberhasilan perusahaan dalam usahanya meningkatkan laba (profit). Beberapa langkah promosi secara online di antaranya....
A.Memberikan informasi secara lengkap di website perusahaan dan menampilkan dalam bentuk etalase virtual
B.Memberikan informasi secara lengkap yang dapat diakses oleh konsumen atau calon konsumen selama 24 jam nonstop melalui website perusahaan Yang di dalamnya terdapat layanan – layanan yang dapat di nikmati pengguna internet
C. Memberikan informasi lengkap tentang produk-produk perusahaan pada halaman website yang dapat diakses 24 jam oleh konsumen dan calon konsumen serta berusaha menampilkan website-nya pada halaman 1 hasil pencarian mesin pencari
D.Memberikan informasi perusahaan dan menampilkan informasi perusahaan di website
E.perusahaan produk atau jasa dalam bentuk etalase virtual pada website perusahaan
33. Keahlian membuat dan melakukan optimasi website atau blog akan sanagat menentukan efektivitas website perusahaan dalam melayani semua informasi yang di butuhkan konsumen. Berapa keahlian yang harus di miliki SDM perusahaan di antaranya
A. Mampu merencanakan website dan mampu memasarkannya
B. Mampu merencanakan website dan membangun website
C. Mampu membuat perencanaan website, membangun website, dan memasarkan website
D. Mampu merencanakan setiap detail pembuatan website dan membangun website
E. Mampu membangun website dan memasarkan website
34. Salah satu cara meningkatkan jumlah pengunjung di website atau blog adalah teknik optimasi menggunakan mesin pencari atau search engine optimization (SEO), artinya memanfaatkan mesin pencari untuk mengarahkan pengunjung di internet agar mengunjungi dan membuka website perusahaan. Beberapa cara SEO adalah
A. Melakukan riset kata kunci secara komprehensif
B. Membuat artikel yang bagus dan panjang
C. Melakukan riset kata kunci pada mesin pencari, membuat artikel yang di dalamnya terdapat kata kunci, memberikan kata kunci pada gambar yang di dalam artikel
D. Membuat artikel yang di dalamnya di berikan kata kunci; gambarnya tidak perlu menggunakan kata kunci
E. Melakukan riset kata kunci menggunakan mesin pencari dan mengelompokkannya untuk di buat artikel
35. Banyak manfaat yang bisa di dapat kan oleh perusahaan dengan melakukan bisnis secara online, antara lain komunikasi yang efektif, transaksi yang mudah, dan distribusi yang semakin cepat. Manfaat yang langsung terasa dari sisi distributsi adalah...
A. Konsumen semakin puas karena dalam pembelian secara online kerap di tawarkan diskon serta hadiah yang menarik
B. Adanya peluang mendapatkan cashback saat konsumen melakukan pembelian secara online
C. Perusahaan cepat mendapatkan feedback dari konsumen karena barang sampai ke tangan konsumen dalam waktu yang cepat
D. Adanya pemotongan jalur distribusi, dari perusahaan langsung ke konsumen, yang menekan biaya kirim dan harga pokok
E. Distribusi yang cepat meningkatkan branding perusahaan di mata konsumen
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1. Apa yang dimaksud dengan Four Pa of marketing?
2. Sebutkan keunggulan bisnis online?
3. Sebutkan 3 contoh pekerjaan online (daring) yang dapat dilakukan oleh perorangan.
4. Sebutkan keuntungan komunikasi menggunakan media online.
5. Sebutkan keunggulan transaksi secara daring.
6. Jelaskan 3 saluran dalam bisnis/pemasaran online.
7. Jelaskan keunggulan bisnis/pemasaran menggunakan media sosial.
8. Jelaskan 4 komponen dalam pemasaran online.
9. Jelaskan maksud istilah SEO friendly.
10. Jelaskan perbedaan pemasaran luring dengan bisnis online.
Jawaban:
1. Ps of marketing yang di maksud adalah product(produk),Price(harga), PromotionPromotion,dan place(tempat).
2. -Bisa di jalankan dimana saja dan kapan saja
-Modal awal sesuai isi dompet
-Bisnis dengan potensial internasional
-Penghasilan yang melimpah bahkan luar dugaan
-Bebas pajak
-Waktu dah bekerja secara bebas
3. Gojek,Grab,dan Guru kursus online.
4. Komunikasi lebih mudah tanpa harus bertemu dan dapat dilakukan dimana saja,pesan komunikasi disampaikan secara cepat dan lebih efesien waktu,tempat,biaya,suasana dan lebih mudah di gunakan tentunya.
5. -Sistem pembayaran praktis
-Memberikan rasa aman pada konsumen
-Manjangkau konsumen yang lebih luas
-Kemudahan promosi
-Meningkatkan costumer retention rate
-Integrasi yang cepat dan mudah
6. - search engine optimization (SEO)
- Iklan pay-per-click (PPC)
- forum
7. Berbisnis lewat media sosial akan memudahkan proses komunikasi antara pebisnis dengan pelanggan. Misalnya, di saat pelanggan merasa kurang puas dengan produk atau layanan bisnismu, mereka bisa secara langsung menyampaikan feedback lewat fitur message atau komentar.
8. - DATA
dalam pelaksanaannya bisnis online sama seperti pemasaran di dunia nyata atau offline
- PERANGKAT LUNAK
Peerangkat lunak (software) yang di gunakan dalam bisnis online dapat di jumpai atau di dapatkan di dunia Maya secara gratis (free of charge) ataupun berbayar
-KEAHLIAN
*Mampu mendesain situs
*Mampu membuat blog
*Mampu optimasi menggunakan mesin pencari (search engine optimization)
*Mampu memasarkan Menggunakan email (marketing)
*Mampu menggunakan media sosial (social media)
*Mampu menganalisa (analityc)
-JARINGAN (network)
Seperti pada bisnis /pemasaran Luring,bisnis daring juga membutuhkan jaringan untuk mengoptimalkan website.
9. SEO friendly merupakan artikel yang dibuat sesuai dengan teknik search engine optimization (SEO) sehingga mesin pencari dapat mengenali isi artikel dengan cepat. Mesin pencari seperti google akan merekomendasikan artikel yang SEO friendly kepada pengguna internet sesuai dengan kata kunci yang relevan.
10. Pemasaran Luring adalah pemasaran yang dilakukan secara nonvirtual atau langsung sedangkan bisnis online adalah jual beli barang yang dilakukan secara virtual melalui media sosial, web, blog atau segala hal yang berkaitan dengan media online.
anda sangat pintar
BalasHapus