Menerapkan pemasaran online dengan memanfaatkan media sosial
A. PENGERTIAN MEDIA SOSIAL
Media sosial atau sering juga disebut sebagai sosial media adalah platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan, foto, video, dan merupakan platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya. Media sosial juga merupakan sebuah sarana untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara daring yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu
B. PERBEDAAN ANTARA WEBSITE BIASA
DAN MEDIA SOSIAL
Website
•Website Media sosial informasi fokus pada topik tertentu.
•Pengetahuan tentang website dibutuhkan untuk membuat sebuah website.
•Memiliki media berupa forum dan membutuhkan admin (webmaster).
•Produk ditawarkan melalui etalase virtual.
•Perlu plugin atau code program untuk menambahkan fasilitas online chat.
•Mesin pencari bersifat lokal.
Media sosial
•Informasi dalam 1 akun dapat bermacam-macam.
•Mudah dibuat, cukup memiliki email dan media sosial.
•Dapat membuat group dengan mudah dan siapa pun dapat menjadi admin.
•Produk dapat ditawarkan dalam halaman khusus (fan page).
•Sudah terhubung secara daring dan dapat langsung melakukan online chat.
•Mesin pencari terhubung dengan jaringan dalam media sosial.
C. MEMBUAT MEDIA SOSIAL
Menurut penelitian yang dilakukan perusahaan media asal Inggris We Are Social, sebagaimana dikutip kompastekno, rata-rata orang Indonesia menghabiskan tiga jam 23 menit sehari untuk mengakses media sosial. Berdasarkan laporan berjudul “essential insightst into internet, Social media, mobile, and E-commerce use around the world” yang diterbitkan tanggal 30 Januari 2018, dari total populasi Indonesia sebanyak 265,4 juta jiwa, pengguna aktif media sosialnya mencapai 130 juta dengan persentase 49 persen.
1. Cara membuat akun Facebook (FB)
a. “Facebook.com” pada Adress bar di peramban (browser) yang digunakan (1) kemudian tekan “Enter”. Selanjutnya, akan tampil halaman Facebook untuk masuk akun, juga untuk mendaftar atau membuat akun Facebook. Berikut ini form isian yang harus dimasukkan oleh pengguna untuk mendaftar akun Facebook: (2) nama depan, (3) nama belakang, (4) no seluler atau email, (5) password, (6) tanggal, bulan, dan tahun lahir, (7) jenis kelamin, (8) buat akun.
b. Setelah klik “Buat akun”, akan tampil kotak dialog (1) “masukkan kode dari SMS”. Melalui short message service (SMS) di handphone, pengguna akan mendapatkan kode verifikasi berupa angka sejumlah 5 digit. Selanjutnya, masukkan kode verifikasi (2) dan klik “lanjutkan”.
c. Jika kode verifikasi telah dimasukkan dan telah dikonfirmasi melalui Gmail, selanjutnya akan muncul kotak dialog “Akun telah dikonfirmasi”, lalu klik “oke”.
d. Langkah selanjutnya adalah menambahkan teman (1) pilihlah beberapa teman yang telah direkomendasikan oleh Facebook pada kotak dialog “Tambahkan teman”.
e. Setelah proses menambah teman selesai, kemudian klik “selanjutnya”.
f. Selanjutnya, akan tampil halaman “ selamat datang di Facebook, pengguna”. Selanjutnya klik “Tambahkan foto”. Silahkan pilih foto yang akan dijadikan foto profil Facebook, yang dapat diambil dari komputer maupun dari smartphone pengguna. Jika sudah memilih, hasil unggahan foto pengguna akan ditampilkan.
g. Setelah mengunggah foto profil, penggunaan dapat menambahkan lagi teman yang di inginkan.
2. Cara membuat akun Instagram (IG)
a. Tulislah instagram.com pada address bar pada peramban (browser) yang digunakan pengguna, kemudian”Enter” (1) akan tampil kotak dialog berupa form isian untuk mendaftar pengguna dengan menuliskan : (2) nomor seluler atau email, (3) nama lengkap, (4) nama pengguna, (5) password. Jika semua sudah terisi, klik “sign up”.
b. Setelah klik “sign up”, selanjutnya akan tampil kotak dialog verifikasi untuk menuliskan kode verifikasi yang telah dikirimkan oleh admin IG melalu nomor telepon yang telah didaftarkan sebelumnya
c. Setelah dikonfirmasi, akan tampil kotak dialog untuk menambahkan foto profil pengguna IG. Jika pengguna IG ingin menambahkan foto klik “add a profil photo” dan pilih gambar dari file yang ada di komputer atau smartphone, lalu unggah (upload). Namun, jika pengguna IG tidak ingin menambahkan foto saat ini klik “skip” untuk melewati proses menambahkan foto.
D.MACAM-MACAM PEMASARAN MELALUI
MEDIA SOSIAL
Berikut ini beberapa media sosial yang dapat digunakan sebagai media promosi.
1. Facebook
Facebook (FB) adalah media sosial terbesa yang banyak digunakan masyarakat saat ini. Indonesia masuk dalam 5 besar pengguna Facebook terbesar di dunia.
FB memiliki fasilitas yang dapat digunakan untuk pemasaran, seperti group, fan page, online chat, dan lain sebagainya. Fasilitas yang dimiliki FB dioptimalkan sehingga memiliki nilai tambah.
Berikut beberapa keuntungan pemasaran menggunakan media online Facebook
• cara membuatnya mudah
• cara menggunakannya mudah
• pasar FB luas
• FB memiliki banyak fasilitas pendukung
2. Twitter
Twitter juga dapat digunakan sebagai media pemasaran yang efektif, bisa sebagai media promosi jual beli dan bisa juga sebagai customer sevice.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah membuat akun Twitter agar hasil yang diharapkan optimal.
• gunakan nama yang dikenal pasar
• gunakan profil yang menarik
• berikan informasi terbaru (update) secara berkala
• carilah teman sebanyak-banyaknya
• pilih kata-kata yang menarik
• pilih topik yang tepat
• arahkan teman ke website atau blog
3. Pinterest
Pinterest dapat digunakan sebagai sarana bisnis online, dengan cara kerja yang berbeda dari Facebook dan Twitter, Pinterest menggunakan gambar atau menampilkan gambar yang didesain dengan menarik dengan topik tertentu yang disajikan secara daring.
Tujuan Pinterest adalah berbagi gambar yang anda temukan secara daring. Pinterest dapat melayani berbagai tujuan yang berguna bagi bisnis ataupun pengguna pribadi.
Berikut ini tips menggunakan media sosial pinterest untuk produk atau jasa.
• kelompokkan produk
• tampilkan produk terbaru
• promosikan produk musiman
• Bangun jaringan
4. LinkedIn
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Agar mendapatkan manfaat maksimal dari LinkedIn, pastikan kolega Anda di LinkedIn adalah orang-orang yang anda kenal dan yakin akan mempunyai pengaruh positif dalam kehidupan profesional anda.
Beberapa manfaat LinkedIn sebagai berikut
• membantu rekuitmen pekerja
• membantu pemasaran
• memberikan penawaran biaya
E. PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA
VIDEO (VIDEO MARKETING)
Video marketing merupakan strategi pemasaran yang disajikan dalam bentuk video. Video Marketing merupakan salah satu metode pemasaran baru dalam pemasaran online dengan menggunakan media video. Di era digital ini, pemasaran video adalah strategi terbaik untuk memasarkan bisnis / merek Anda. Mengapa? Karena jika Anda mengkonsep video marketing dan mendapatkan hasil yang menarik, maka video tersebut sekaligus dapat menampilkan gambar dan audio yang mudah diserap oleh penonton dan mengubah penonton menjadi pelanggan Anda. Anda dapat mengaplikasikan video menggunakan media website atau blog, dapat juga menggunakan media seperti YouTube.com. keuntungan menggunakan media video YouTube.com untuk pemasaran antara lain sebagai berikut
• akun dapat dimiliki dengan gratis
• mudah diindeks oleh mesin pencari
• dapat dimanfaatkan untuk viral marketing
• memiliki tampilan yang dinamis
• dapat digunakan untuk branding
• dapat digunakan sebagai media pembelajaran
• menjadi sumber passive income
Video marketing ini memiliki beberapa keunggulan. Beberapanya adalah:
• Video Marketing Memiliki daya tarik tertinggi
•Konten video memiliki efek ingatan merek.
• Dapat memperkuat citra merek
F. VIRAL MARKETING
Viral marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang menjadi andalan banyak perusahaan saat ini. Jika sebuah konten pemasaran sudah viral di dunia maya, produk atau jasa yang mereka tawarkan akan lebih mudah populer.
Beberapa pakar mengatakan bahwa pemasaran
Viral adalah model pemasaran dari mulut ke mulut (world of-mouth/WOM) dengan media internet. Menurut Ferguson (2008), hasil yang diinginkan viral marketing adalah pemasaran WOM, dimana seorang mengatakan kepada orang lain tentang sebua video yang menarik di YouTube ataupun sebuah aplikasi di Facebook. Yang membedakan WOM dari viral marketing adalah media yang digunakan. Viral marketing menggunakan media elektronik sedangkan WOM menggunakan media langsung antara orang. Sementara itu, kesamaan WOM dan viral marketing adalah adanya penyebaran pesan dari satu individu ke individu lainnya. Penyebarannya berlangsung cepat
1.fungsi viral marketing
• meningkatkan jumlah pengunjung
• meningkatkan penjualan
2.faktor pendukung viral marketing
• media online
• Email, link, atau media dari mulut ke mulut (WOM)
• insentif atau reward
• group atau komunitas online
3.kelebihan viral marketing
• informasi up to date
• biaya murah
• kekuatan refeal
• terukur
4.media viral marketing
• Blog
• Jejaring sosial
• Video viral
• viral E-book
👍👍
BalasHapus